Minggu, 29 September 2013

KARAKTERISTIK TIGA MODEL PERUBAHAN MASYARAKAT



KARAKTERISTIK TIGA MODEL PERUBAHAN MASYARAKAT
 
NO
KARAKTERISTIK
PENGEMBANGAN LOKALITAS
PERENCANAAN SOSIAL

TINDAKAN SOSIAL
1
TUJUAN
Pertolongan diri ; memperbaiki kehidupan masyarakat; menekankan pada proses.

Gunakan pendekatan pemecahan masalah untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat; menekankan pada tugas.

Hubungan pergantian kekuaasaan dan sumber daya terhadap suatu kelompok yang ditindas; menciptakan perubahan institusi dasar; menekankan pada proses dan tugas
2
MASYARAKAT YANG MENGUNAKAN ASUMSI
Setiap orang menginginkan kehidupan masyarakat meningkat dan bersedia memberikan kontribusi untuk peningkatan tersebut.


Permasalahan social dalam masyarakat bias diselesaikan melalui usaha ahli perencanaan
Masyarakat tersebut memiliki kekuatan struktur dan satu atau lebih kelompok tertindas, sehingga ketidakadilan sosial menjadi masalah utama
3
STRATEGI PERUBAHAN DASAR
Banyaknya orang yang terlibat dalam mengenali dan menyelesaikan masalah.

Para ahli menggunakan pendekatan pengumpulan-fakta dan pemecahan masalah


Anggota kelompok yang tertindas menyusun rencana untuk melawan kelompok yang kuat misalnya musuh

4
TAKTIK DAN TEKNIK PERUBAHAN KARAKTERISTIK
Konsensus : komunikasi antara kelompok masyarakat dan minat ; diskusi kelompok


Konsensus atau konflik
Konflik atau kontes ; konfrontasi; tindakan langsung; negosiasi
NO
KARAKTERISTIK
PENGEMBANGAN LOKALITAS
PERENCANAAN SOSIAL

TINDAKAN SOSIAL
5
PERAN PRAKTISI
Katalis; fasilitator; coordinator; guru keahlian menyelesaikan masalah



Ahli perencanaan pengumpul fakta analisis; pengembangan program; dan pelaksana

Aktivis; penggerak advokasi; makelar; negosiator; pengaman
6
PANDANGAN KEKUATAN
Anggota struktur kekuatan bergabung dalam resiko yang sama


Struktur kekuatan berupa perusahaan dan sponsor
Struktur kekuatan merupakan target aksi eksternal, penindas yang harus dilawan dan diubah
7
PANDANGAN POPULASI KLIEN
Warga Negara



Konsumen
Korban
8
PANDANGAN PERAN KLIEN
Peserta dalam proses penyelesaian masalah



Konsumen atau penerima
Perusahaan atau konstituen

Sumber :
Netting, 2001, Social Work Makro Practice, Logman, Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar