1.Kerangka Pengetahuan
Pekerjaan Sosial.
- Pengetahuan tentang klien, baik sebagai individu, kelompok maupun masyarakat.
- Pengetahuan tentang lingkungan social, yaitu pengetahuan yang berkaitan dengan masyarakat dan kebudayaan.
- Pengetahuan tentang profesi pekerjaan social professional meliputi tentang diri sendiri, profesi dan intervensi.
2.Kerangka Nilai Pekerjaan
Sosial
- Nilai Masyarakat.
- Kode Etik.
- Agensi Purpose ( tujuan lembaga di mana pekerja social bekerja)
- Teori, yang mengandung nilai yang dapat dianut oleh anggota profesi pekerjaan social.
3.Kerangka
Ketrampilan Pekerjaan Sosial seperti
pendapat dari Werner Boehm yang dikutip oleh Dwi Heru Sukoco (1991:102}
“Ketrampilan pekerjaan social terkait dengan
kesadaran menyeleksi pengetahuan yang berkaitan dengan tugas-tugas professional
yang ditanggani, perpaduan pengetahuan tersebut dengan nilai-nilai pekerjaan
social dan mengekpresikan sintesis tersebut di dalam kegiatan-kegiatan
professional”
Pincus dan Minahan (1973:9) dalam buku Social Work Practice
menyatakan tujuan dari pekerjaan sosial adalah :
- Enhance the problem solving and coping capacities of people (Mempertinggi kemampuan orang untuk memecahkan dan menanggulangi masalahnya).
- Link people with system that provide them with resourses, service, and opportunities (Menghubungkan orang dengan sistem-sistem yang menyediakan sumber-sumber, pelayanan-pelayanan dan kesempatan-kesempatan).
- Promote the effective and humane operation of these system (Meningkatkan pelaksanaan sistem-sistem tersebut secara efektif dan manusiawi).
- Contribute to the development and operation of these system (Memberikan sumbangan terhadap pembangunan dan kemajuan kebijakan sosial).
SUMBER:
- Soekoco, Dwi, Heru, 1998, Profesi pekerjaan Sosial dan Proses pertolongan, Kopma, STKS, Bandung
- Netting, 2001, Alih Bahasa oleh Nelson Aritonang dan Hery Koeswara. Social Work Makro Practice, Logman, Australia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar