Rabu, 29 Juli 2015

MASALAH SOSIAL



Masalah atau problema adalah perbedaan antara das sollen (yang seharusnya, yang diinginkan, yang dicita-citakan, yang diharapkan) dengan das sein (yang nyata, yang terjadi). Dengan kata lain masalah adalah perbedaan antara yang ideal dan real, misalnya kita mencita – citakan masyarakat yang sejahtera, ternyata yang terjadi banyak masyarakat yang masih miskin.

1. Menurut Horton dan Leslie dalam Suharto (2000), masalah sosial adalah suatu kondisi yang dirasakan banyak orang yang tidak menyenangkan serta menuntut pemecahan aksi sosial secara kolektif.

2. Parillo yang di kutip Soetomo (1995:4) dalam Pengorganisasisan dan Pengembangan Masyarakat : empat komponen dalam memahami pengertian masalah sosial, yaitu :
a. Masalah itu bertahan untuk suatu periode tertentu.
b. Dirasakan dapat menyebabkan berbagai kerugian fisik atau mental, baik pada individu maupun masyarakat.
c. Merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai atau standar sosial dari satu atau beberapa sendi kehidupan masyarakat.
d. Menimbulkan kebutuhan akan pemecahan.

Masalah sosial merupakan persoalan yang timbul secara langsung atau bersumber langsung dari suatu kondisi maupun proses sosial antara lain:
a) Masalah sosial pertama (Primary Sosial Problem) adalah kondisi yang berpengaruh terhadap konsekuensi yang beragam dan bermacam-macam bagi masyarakat.

b) Masalah sosial kedua (Secondary Sosial Problem) adalah kondisi yang merugikan diakibatkan secara umum dari masalah sosial yang lebih berpengaruh dan pada gilirannya mengakibatkan masalah sosial tambahan.

c) Masalah sosial ketiga (Tertiary Sosial Problem) adalah kondisi yang merugikan langsung maupun tidak langsung mengakibatkan masalah yang lebih dominan.

DAFTAR PUSTAKA

BUKU :
Heru Sukoco,Dwi.1992.Profesi Pekerjaan sosisal.Bandung:Koperasi mahasiswa STKS Bandung.

SUMBER LAIN :
      Materi kuliah Metode – Metode Pekerjaan Sosial I dan II 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar