Rabu, 29 Juli 2015

KARAKTERISTIK PEKERJAAN SOSIAL


Karakteristik yang membedakan profesi pekerjaan sosial dengan profesi lain adalah sebagai berikut :
a.      Fokus pekerjaan sosial adalah orang secara keseluruhan dan secara totalitas, yaitu mencakup faktor orang, tingkah laku, dan lingkungannya.
b.      Pekerjaaan sosial menekankan kepada pentingnya keluarga didalam membentuk dan mempengaruhi tingkah laku anggota keluarga.
c.      Pemanfaatan sumber – sumber masyarakat untuk membantu orang memecahkan masalahnya.
d.      Penggunaan proses supervisi dapat memberikan petunjuk dan bimbingan bagi pekerja sosial yang belum berpengalaman agar nanti tumbuh dan berkembang menjadi pekerja sosial yang berpengalaman.
e.      Pekerjaan sosial mempunyai program pendidikan yang unik karena memadukan antara pengetahuan, nilai dan ketrampilan yang diperoleh didalam kelas dengan pengalaman praktek di lapangan/masyarakat.
f.       Pekerjaan sosial tradisional menekankan pada tiga proses dasar yaitu case work, group work, community organisation.
g.      Pekerjaan sosial mempunyai badan profesi seperti NASW. CSWE, IPPSI
h.      Relationship merupakan kunci didalam proses pekerjaan sosial.
i.        Pekerjaan sosial berorientasi kepada konsep – konsep psikiatri dan lebih menekankan kepada pemahaman tentang orang.
j.        Istilah di dalam pekerjaan sosial adalah social fungtioning, social interaction, dan malfungtioning.
k.      Pekerjaan sosial mengakui bahwa permasalahan sosial dan tingkah laku manusia berada di dalam institusi – institusi sosial menusia.
l.        Banyak pekerja sosial yang bekerja pada badan – badan sosial, baik badan milik pemerintah, swasta atau privat.
m.    Tujuan paling dasar dari pekerja sosial adalah membantu klien atau masyarakat agar mereka membantu diri mereka sendiri.
n.      Sejak pekerja sosial dipekerjakan didalam badan – badan sosial dan mendapat upah, maka bayaran dari klien dipergunakan untuk kesejahteraan badan sosial, bukan untuk meningkatkan penghasilan pekerja sosial.
          

DAFTAR PUSTAKA

BUKU :
Heru Sukoco,Dwi.1992.Profesi Pekerjaan sosisal.Bandung:Koperasi mahasiswa STKS Bandung.

SUMBER LAIN 
       Materi kuliah Metode – Metode Pekerjaan Sosial I dan II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar