Senin, 14 April 2014

PERANAN PEKERJA SOSIAL

PERANAN PEKERJA SOSIAL MENURUT ACHLIS (1993:60)

1.     PERANAN SEBAGAI PENDUKUNG (SUPPORTER)
·  Dalam peranan ini pekerja sosial berusaha memahami perasaan perasaan yang membebani kelayannya, depresi dan kemarahan yang dialami kelayan ketika ia merasakan bahwa cara cara berfungsi yang telah dipejarinya ternyata tidak sesuai atau tidak memadai lagi, ketika ia berhadapan dengan persoalan persoalan yang bukan saja merupakan persoalanya sendiri melainkan juga persoalan orang lain lain dan ketika ia berhadapan pada permasalahan untuk mengadakan perubahan perubahan.
2.     PERANAN SEBAGAI GURU (TEACHER)
· Dalam peranan ini pekerja sosial berusaha menyediakan data yang dibutuhkan guna mengevaluasi apa apa yang terjadi di dalam suatu bentuk dan cara cara yang dapat dipergunakan oleh kelayan kita. Data semacam ini dapat mencakup hal hal mengenai bagaimana mendidik anak anak dan mengembangkan kehidupan berkeluarga, bagaimana kita dapat mengatasi tuntutan tuntutan sistem tehnologi secara tepat, bagaimana melakukan perubahan karier, atau bagaimana memanfaatkan sistem pendidikan yang komplek.
3.     PERANAN SEBAGAI MODEL
·    Dalam peranan ini pekerja sosial berusaha melibatkan orang orang yang berhasil dalam sosialisasi yang dapat diteladani oleh kelayan. Keteladanan pada dasarnya merupakan cara mengajar yang efektif. Belajar menggunakan proses proses pemecahan masalah, dengan tekanan pada pengexpresian perasaan perasaan pengungkapan dan pemahaman terhadap kenyataan, pengindentifikasi tujuan tujuan dan pertimbangan pertimbangan dalam memilih alternatif alternatif, merupakan jalan yang terbaik dalam upaya mensosialisasi orang lain.
4.     PERANAN SEBAGAI KATALISATOR
·  Dalam peranan ini pekerja sosial berusaha membantu kelayan dalam lingkungan dengan jalan memberikan contoh contoh yang kongkrit dan dengan jalan menyediakan sumber sumber serta kesempatan kesempatan untuk melakukan perubahan perubahan.
5.     PERANAN SEBAGAI TERAPIS
·   Pekerja sosial menggunakan teknik teknik modifikasi tingkah laku guna membangunan sistuasi yang terkontrol yang di dalamnya perilaku perilaku yang diinginkan dapat dipejarinya melalui penggunaan  bombongan (reward) serta hukuman (punishment)
6.     PERANANAN SEBAGAI PELAKU PENGUBAHAN SOSIAL (SOCIAL CHANGER)
·   Pekerja sosial berusaha memahami dan mengungkapkan nilai nilai, sikap sikap, norma norma dan pola pola perilaku kelompok kelompok sosial, mengevaluasi apa nilai nilai, sikap sikap dan norma norma tersebut dalam membantu membentuk keberfungsian kehidupan dan kontruktif, serta membantu mengadakan perubahan perubahan yang diperlukan.

Dalam menjalankan peranan perananya untuk membantu orang dalam proses sosialisasinya, pekerja sosial membuat penilaian penilaian profesional (profesional judment) terhadap kelayakan situasi di mana orang yang di bantu itu berada.

Sumber : Achlis, 1993, Studi Perilaku dan Lingkungan Sosial Manusia (HBSE), Kopma , Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar